DROP CAP
Drop Cap merupakan suatu paragraf yang dimulai dengan uhruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai pada keseluruhan paragraf.
Langkah-langkah membuat Drop Capp:
- Blok satu huruf pertama atau kata dari paragraf yang kita inginkan untuk dibuat menjadi Drop Cap
- Kemudian pilih tab Insert, pilih tombol Drop Cap yang terletak di dalam grup Text.
- Kemudian kita akan melihat ada 3 pilihan yaitu None,Dropped ,In Margin, dan Drop Cap Options. None, digunakan untuk megembalikan teks ke kondisi awal Dropped, digunakan untuk mengubah huruf pertama lebih besar berada dalam satu margin dibanding teks yang lainnya. In margin, digunakan untuk mengubah huruf pertama tercetak lebih besar berada di luar margin.
- Untuk menormalkan tampilan format Drop Cap,klik pilihan None
- Jika kita ingin mengatur Drop Cap secara detail,gunakan tombol Drop Cap Options untuk membuka kotak dialog Drop Cap
- Atur format drop cap sesuai dengan keinginan kita,seperti posisi drop cap,jenis font untuk drop cap,besar drop cap yang diukur dalam baris dan jarak antara drop cap dengan teks. Position, untuk mengatur posisi drop cap (Dropped,In Margin atau None) Font, untuk mengubah jenis font Drop Cap. Lines to drop, untuk mengatur jumlah baris paragraf yang akan diletakkan di samping kanan Drop Cap. Distance from text, untuk mengatur jarak drop cap dengan teks di samping kanan drop cap.
- Setelah itu pilih OK
COLIMNS
Columns yaitu digunakan untuk membagi text menjadi beberapa bagian kolom yang biasanya kita lihat pada penulisan koran, majalah dan media cetak lainnya
Langkah-langkah membuat Columns :
- Sebelum membuat columns sebaiknya setelah semua artikel telah selesai ditulis, sehingga kita bisa seleksi text yang akan dibuat kolom dengan mudah.
- Block/seleksi text yang akan dibuat kolom kemudian klik tab Page Layout Page Setup kemudian Columns
- Maka akan muncul beberapa pilihan : One (satu), dua, tiga kolom dan seterusnya
- Klik salah satu misalnya Two (dua kolom) Maka hasilnya dua bagian dalam satu lembar kerja
- Jika ingin membuat kolom sesuai kreasi sendiri bisa klik More Coloums
HEADER dan FOTTER
sebagai catatan atau tulisan yang berada di bagian atas dan bagian bawah sebuah dokumen yang akan muncul terus menerus pada dokumen berikutnya. Catatan yang berada pada bagian atas dinamakan header dan catatan yang berada dibagian bawah dokumen disebut dengan footer.
Langkah-langkah berikut:
- Klik insert pada menu bar
- Pada group Header dan Footer
- Pilih salah satu, header untuk menambahkan tulisan yang berada di atas artikel anda atau pilih Footer untuk menambahkan tulisan yang berada di bagian bawah.
- Ketika kita klik tombol header atau footer maka akan muncul template dari header atau footer.
- Scroll ke bawah untuk memilih template header dan footer,
- Kemudian klik template pilihan anda.
- Selanjutnya tulis catatan atau note pada header dan footer yang terdapat pada lembar kerja.
CLIP ART dan WATERMARK
WATERMARK
Watermark adalah sebuah tanda yang kita buat manual pada sebuah gambar maupun video agar tidak sembarangan orang dapat mengambil sampai mengakui bahwa itu adalah miliknya.
Lankah-langkah membuat Watermark:
- Klik Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
- Jika ingin menggunakan watermark yang sudah tersedia di galeri, seperti teks Confidential atau Do Not Copy, klik pada teks tersebut.
- Jika ingin membuat teks tersendiri, klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
- Klik Text watermark dan lakukan hal berikut:
- Klik pada kotak di samping Text, ketik teks yang diinginkan.
- Atur format pada Font (tipe font), Size (ukuran), dan Color (warna)
- Atur Layout watermark.
- Klik OK bila sudah selesai.
CLIP ART
Objek Clip Art adalah objek dasar yang telah disediakan oleh Ms. Word yang dapat Anda sisipkan dalam dokumen.
Langkah-langkah untuk menyisipkan objek Clip Art adalah:
- Pilih menu Insert lalu pada grup Illustrations
- Pilih Clip Art untuk membuka kotak dialog Clip ArT
- Apabila dalam kotak daftar tidak terdapat pilihan objek gambar yang diingin disisipkan, maka klik tombol Go untuk menampilkan objek-objek gambar tersebut.
- Pilih salah satu objek gambar dalam kotak daftar objek dan perhatikan bahwa objek yang terpilih langsung disisipkan ke dalam dokumen.
- Kemudian atur ukuran objek.
- Untuk mengatur posisi objek pada teks dapat dipilih dengan klik kanan lalu pilih Wrap Text, Anda dapat melihat sendiri perubahan pada objek pada paragraf dokumen yang ada.
PAGE BORDER
Page Borders digunakan apabila isi dari suatu halaman ingin diberi bingkai, corak atau warna latar belakang tertentu agar tampilannya lebih indah dan menarik. Page Borders, biasanya digunakan untuk membuat figura, piagam penghargaan, sertifikat, dan lain-lain.
Langkah Membuat Page Border
- Buka aplikasi microsofts word dan buatlah sebuah lembar kerja baru dengan jenis kertas yang anda inginkan
- Langkah selanjutnya silahkan anda buka menu Page Layout dan pilihlah menu Page Borders maka akan keluar tampilan untuk membuat page border standard silahkan anda ikuti langkah berikut ini
- klik menu BOX dan silahkan pilih jenis borders yang akan anda gunakan pada kolom style
- pilih warna di bagian menu color untuk mengubah warna
- klik bagian menu Width, untuk mengubah ukuran border sesuai keperluan
- Jika anda ingin membuat border dengan gambar atau art, klik kolom art kemudian pilih gambar yang diinginkan
- Lalu klik ok
SMART ART
Smart art adalah sebuah program yang digunakan dalam pembuatan struktur
Langkah-langkah membuat Smart Art
Menyisipkan grafik SmartArt dan menambahkan teks ke dalamnya
- Pillih tab insert, dalam grup Ilustrasi, klik SmartArt.
- Dalam kotak dialog Pilih grafik SmartArt, klik tipe dan tata letak yang diinginkan.
- Masukkan teks Anda
- dengan Klik [Teks] di panel Teks, lalu ketikkan teks Anda.
- Salin teks dari lokasi atau program lain, klik [Teks] di panel Teks, lalu tempelkan teks Anda.
Menambahkan atau menghapus bentuk dalam grafik SmartArt Anda
- Klik grafik SmartArt yang ingin Anda tambahkan ke bentuk lain.
- Klik bentuk yang ada yang terletak paling dekat dengan tempat Anda ingin menambah bentuk baru.
- Di bawah Alat SmartArt, pada tab Desain, dalam grup Buat Grafik,
- klik panah di samping Tambahkan Bentuk
Mengubah warna seluruh grafik SmartArt.
- Klik grafik SmartArt Anda.
- Di bawah Alat SmartArt, pada tab Desain, di dalam grup Gaya SmartArt, klik Ubah Warna.
- Jika tidak melihat tab Alat SmartArt atau Desain, pastikan grafik SmartArt telah dipilih. Anda mungkin harus mengklik ganda grafik SmartArt untuk membuka tab Desain.
- Klik variasi warna yang diinginkaN
- Menerapkan Gaya SmartArt ke grafik SmartArt
- Klik grafik SmartArt Anda.
- Di bawah Alat SmartArt, pada tab Desain, di grup Gaya SmartArt, klik Gaya SmartArt yang Anda inginkan.
- Untuk melihat Gaya SmartArt lainnya, klik tombol Lainnya
FOOTNOTE
Footnote adalah cacatan yang berada pada bagian bawah lembar kerja
Langkah-langkah membuat footnote :
- Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberi footnote.
- Klik References
- Kemudian klik Insert Footnote
- Ketikkan catatan atau isi dari footnote tersebut.
- Maka dibelakang kata atau kalimat yang diberi footnote akan muncul angka kecil, dan dibagian bawah halaman terdapat angka dan keterangan yang telah anda berikan.
- Jika pointer diarahkan pada angka footnote, maka akan muncul keterangan atau isi footnote tersebut.
- Lakukan hal yang sama untuk membuat footnote selanjutnya, dan secara otomatis nomor footnote juga akan berubah sesuai dengan urutan..
COMMENT
Comment digunakan Untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada teks yang kita buat. kita bisa menggunakan fitur Comments yang tersedia di Microsoft Word.
Langkah untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada Microsoft Word adalah :
- Pilih atau blok kata/kalimat yang akan diberi komentar (catatan)
- Setelah itu klik menu Review
- Pilih New Comment
- Lalu ketikkan catatan atau komentar yang ingin diberikan
- Setelah selesai silahkan simpan file tersebut
- Untuk menampakkan atau pun menyembunyikan komentar silahkan pilih show Markup
- lalu klik Comments
Tidak ada komentar:
Posting Komentar